Halaqah Silsilah Ilmiah (HSI) 1.05 : TAUBAT DARI KESYIRIKAN

taubatOrang yang berbuat syirik kemudian meninggal dunia sebelum bertobat, maka dosa syiriknya tidak akan diampuni. Namun apabila dia bertobat sebelum meninggal maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan mengampuni dosa tersebut. Taubat Nasuha adalah taubat yang didalamnya terpernuhi 3 syarat:

 

  1. Menyesal,
  2. Meninggalkan perbuatan tersebut,
  3. Bertekad kuat tidak akan mengulangi lagi.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam surat Az Zumar :53

 قُلۡ يَـٰعِبَادِىَ ٱلَّذِينَ أَسۡرَفُواْ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمۡ لَا تَقۡنَطُواْ مِن رَّحۡمَةِ ٱللَّهِ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَغۡفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِيعًا‌ۚ إِنَّهُ ۥ هُوَ ٱلۡغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ (٥٣

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”Tafsir Ibnu Katsir

Rasulullah Shallalohu ‘alaihi wassalam bersabda

Dari Abi Abdurrahman bin Abdillah bin Umar bin Khathab (semoga Allah meridhoi keduanya) dari Nabi, beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba selama nyawa belum berada di kerongkongannya.” (HR. Tirmidzi dan Syaikh Albani katakan haditsnya Hasan).

Para Sahabat Nabi Shallalohu ‘alaihi wasallam tidak semua lahir dalam keadaan Islam, bahkan banyak yang masuk Islam ketika sudah dewasa dan sebelumnya bergeliman dengan dosa kesyirikan. Supaya tidak terjerumus dalam kesyirikan, seseorang harus mempelajari tauhid dengan baik, mengetahui jenis-jenis kesyirikan, sehingga bisa menjauhi kesyirikan tersebut.

Tulisan ini di ambil dari Audio HSI Abdullah Roy, semoga Allah mengganjar segala perbuatan baik kita dengan pahala dan menghapuskan segala dosa kita yang sengaja ataupun tidak. Amin.

Jangan lupa melihat artikel mengenai masalah syirik sebelumnya HSI 1.03 : BAHAYA KESYIRIKAN dan HSI 1.04 SYIRIK MEMBATALKAN AMALAN semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s